Article

Menghitung Porsi Catering? Ini Tips Yang Tepat Dari Executive Chef Medina Catering

By November 4, 2019No Comments

Tentunya, makanan dari acara resepsi pernikahan kamu adalah sebuah tanda penghormatan untuk para tamu undangan. Bayangkan deh kalau kamu datang ke acara resepsi pernikahan tapi makanannya sudah habis. Apa kira-kira perasaan kamu? Atau mungkin kamu bisa bayangkan jadi pengantin dan keluarga yang punya acara kemudian para tamu tidak kebagian makanan? Duh pokoknya jangan sampe kejadian deh 🙁

Menyiapkan makanan untuk acara pernikahan bukanlah hal yang bisa diremehkan. Karena berdasarkan riset, 8 dari 10 orang tamu pernikahan mengatakan “makanan adalah penentu utama suksesnya acara pernikahan.” Nah, maka dari itu kamu wajib tahu dan paham bagaimana menyiapkan makanan serta memahami cara menghitung jumlah porsi catering sesuai dengan jumlah tamu yang kamu undang.
Untuk itu, tim Medina Catering berdiskusi dengan Eksekutif Chef kami untuk menjadi bahan pertimbangan para calon pengantin menghitung jumlah porsi catering di hari spesialnya 😀
Mari kita simak di poin-poin berikut!:

1. Apasih hal pertama yang wajib dipertimbangkan?

Menurut eksekutif chef Medina Catering, jumlah dari keluarga masing-masing mempelai yang paling sering lupa terhitung. Banyak pengantin yang fokus menghitung jumlah tamu undangan saja namun jumlah keluarga lupa dihitung. Nah, pertama kamu wajib banget tuh hitung jumlah keluarga dari masing-masing pihak dan menentukan berapa jumlah total keluarga. Dalam kasus ini kita anggap jumlah keluarga total ada 100 orang ya.

 

2. Jumlah total undangan + jumlah keluarga

Oke, setelah kamu menghitung jumlah keluarga. Sekarang waktunya kamu menentukan jumlah undangan. Jika kamu menyebar 400 undangan, berarti yang harus kamu hitung minimal adalah 2.5 kali. Loh, kok 2.5? Bukannya 2 kali? Yup, Kita menghitung 2.5 kali karena berdasarkan studi terbaru, rata-rata satu keluarga terdiri atas 3 orang. Jadi kamu bayangkan deh dari 1 undangan yang kamu kirim itu belum tentu yang datang 2 orang, karena orang Indonesia yang ada banyak banget, persentasi kemungkinan 1 undangan yang datang 3 orang itu sangat mungkin!

Contohnya gini, kamu kirim undangan ke teman kamu yang sudah nikah dan punya anak, pastinya anaknya diajak dong, apalagi kalau anaknya tersebut ada nanny nya, pasti diajak juga :D. Itu jumlah yang wajib kamu perhitungkan juga. So untuk mengkalkulasi hal tersebut, kita patok menjadi 2.5 kali.

Next, berati dari total (400 undangan x 2.5) + 100 orang keluarga. Berikut contoh hitungannya:

(400 x 2.5) + 100 = 1.100 orang.

Berarti jumlah porsi catering yang harus kamu siapkan adalah untuk 1.100 pax. Dalam dunia catering, kami sebut jumlah tamu dengan kata pax. Pax itu berbeda ya dengan porsi, karena kita bicara soal jumlah tamu 😉 di point berikut akan kita jelaskan penghitungan porsi untuk jumlah pax yang kamu tentukan.

 

3. Menentukan porsi buffet & stall yang ideal untuk jumlah 1.100 pax

Sekarang waktunya kita pelajari dengan sedikit matematika 😀

Berdasarkan pengalaman Medina Catering yang puluhan tahun di bidang pernikahan. Porsi total yang paling aman adalah kali 2.5 dari total pax;

2.5 x 1.100 pax = 2.750 porsi makanan

Dari total 2.750 porsi tersebut, bisa kita bagi menjadi buffet & stall. Pertama adalah buffet. Jumlah porsi buffet yang minimal kamu siapkan adalah 660 porsi (60% dari total pax) + kamu harus menyediakan juga terpisah untuk tamu VIP minimal 100 porsi buffet.

Jadi total untuk buffet kamu minimal di 760 porsi buffet atau bisa kita genapkan menjadi 750 porsi

Kemudian untuk stall, rata-rata berdasarkan riset kami di Medina Catering, satu tamu akan mengambil 3 stall atau 1 buffet & 2 stall. So, minimal utk 1 tamu kamu sediakan 2 porsi stall. Berikut hitungannya;
1.100 pax x 2 porsi stall = 2.200 porsi stall
Dari 2.200 porsi stall tersebut, bisa kita genapkan menjadi 2000 porsi kemudian dibagi menjadi 8 stall
2.000 / 8 = 250 porsi / stall
So kamu minimal wajib sediakan miminal 8 stall dengan 250 porsi/stall ataupun 10 stall. Pertimbangan antara 8 atau 10 stall adalah; makin banyak pilihan stall kamu, maka makin cepet stall tersebut habis. Karena faktor tamu yang lapar mata serta mereka tidak perlu antri panjang karena ada banyak stall tersedia. Tapi hal yang wajib kamu perhatikan untuk menu stall adalah harus ada dari staff catering yang menjaga stall tersebut untuk dibagikan kepada tamu ya guys.

4. Total hitungan

Nah kita suah menghitung masing-masing porsi dari buffet & stall. Berikut adalah rumus hitungan secara total:

Total Pax = (Jumlah undangan x 2.5 )
400 x 2.5 = 1.100 Total Pax
Porsi makanan = (Total Pax x 2.5)
1.100 x 2.5 = 2.750 Porsi (minimal)
• Pembagian Buffet & Stall:
Buffet 60% + 100 porsi VIP = 760 porsi
Stall 1.100 pax x 2 = 2.200 porsi
Total: 2.960 porsi

dari jumlah total 2.960 porsi tersebut, untuk penghematan, porsi buffet bisa kamu kurangi menjadi 750 porsi kemudian untuk stall bisa kamu kurangi menjadi 2.000 porsi. Jadi secara total kamu menyediakan 2.750 porsi makanan (2.5 x dari total pax)

Hitungan ini menurut chef Medina Catering adalah hitungan yang cukup sampai meng-cover tamu-tamu yang telat agar tetap kebagian stall. Kamu sering kan datang telat ke acara pernikahan dan stall nya udah pada ludes? Nah ini adalah hitungan yang paling pas untuk kondisi tersebut dan pastinya akan aman dan dijamin makanan untuk tamu acara pernikahan kamu tercukupi 🙂

Tidak sulit kan menghitung porsi catering? Sekarang kamu tidak perlu lagi pusing menghitung, tinggal apply rumus dari Medina Catering diatas dan kamu tidak perlu dipusingkan di hari spesial kamu.

Apabila kamu sedang merencanakan hari pernikahan, kamu bisa menghubungi Medina Catering. We are ready to make your dream wedding come true. Let us be a part of your once in a lifetime journey.

 

Leave a Reply

Open chat
1
Hi, ada yang bisa kami Bantu ?